Launching Inovasi Pemanfaatan Sistem Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Publik
W!narto 05 November 2025 09:23:37 WIB
Grogol (Sida Samekta, 22 Oktober 2025). Sebuah inovasi dibidang pelayanan publik telah diluncurkan oleh Pemerintah Kalurahan Grogol pada Rabu, 22 Oktober 2025. Hal ini sebagai bentuk Reformasi Kalurahan di bidang birokrasi pelayanan dengan tujuan untuk mempermudah akses pelayanan serta meningkatkan pelayanan publik prima yang efektif dan efisien.
Di hadapan para Ketua RT dan Ketua RW, Kamituwa selaku pelaksana kegiatan memberikan penjelasan terkait pelayanan khusus Akte Kamatian dan Akte Kelahiran secara online melalui WhatsUp agar lebih mudah diproses tanpa harus datang ke ruang pelayanan di Balai Kalurahan Grogol. “Ada 2 jenis Pelayanan Publik Prima yang sudah dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu Pelayanan Akte Kematian Cepat disingkat PLAKAT dan Pelayanan Akte Kelahiran Tepat Waktu disingkat PAKELPATU”. Secara teknis cara mengakses pelayanan tersebut adalah sebagai berikut :
- Pelayanan Akte Kematian Cepat (PLAKAT) via WhatsApp dengan cara : Ketua RT mengirimkan Chat ke WA “ADMIN PELAYANAN PUBLIK PRIMA GROGOL” di nomor 0813 2557 9257 dengan format :
PLAKAT/Nama warga yang meninggal/Nama Padukuhan/RT/RW/Tanggal meninggal/ Jam meninggal/Tempat meninggal/Nama pelapor/Status pelapor. Sebagai contoh : PLAKAT/SUYONO/GROGOL/01/02/24-04-2025/03.15/RSUDWONOSARI/PARDILAH/ISTRI
Selanjutnya akan ada chat balasan dan konfirmasi dari Admin Pelayanann untuk dilanjutkan mengirimkan scan foto lampiran dokumen pendukung laporan. Akte Kematian akan diproses sehari jadi dan dapat diserahkan sebelum pemberangkatan jenazah.
- Pelayanan Akte Kelahiran Tepat Waktu (PAKELPATU) via WhatsApp dengan cara : Ketua RT mengirimkan Chat ke WA “ADMIN PELAYANAN PUBLIK PRIMA GROGOL” di nomor 0813 2557 9257 dengan format :
PAKELPATU/Nama bayi/Nama Padukuhan/RT/RW/Tanggal Lahir/Nama Pelapor/Status Pelapor
Contoh :
PAKELPATU/SABRANG WISOMOWO NENGGOLO/KARANGMOJO B/21/06/10-06-2025/RISKI AGUSETIAWAN/AYAH
Selanjutnya akan ada chat balasan dan konfirmasi dari Admin Pelayanann untuk dilanjutkan mengirimkan scan foto lampiran dokumen pendukung laporan. Akte Kelahiran, KIA dan KK baru akan diproses dan sudah jadi dalam 2 atau 3 hari.
Dengan telah diluncurkannya inovasi Pelayanan Publik Prima di Kalurahan Grogol maka masyarakat akan lebih mudah mengkases pelayanan dari rumah. Jika ada kendala akan dikoordinasikan melalui group WA Pelayanan Publik Prima Grogol (TIM_SID).
Dokumen Lampiran : SOP_Pelayanan Publik Prima Grogol_Akte Kematian Cepat dan Akte Kelahiran Tepat Waktu
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
| Hari ini | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
| Kemarin | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
| Pengunjung | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
- Monev BKK Rintisan Desa Mandiri Budaya Desa Prima
- Penyaluran BLT DD Periode Bulan Oktober Tahun 2025
- Kalurahan Grogol Didatangi Tim Roadshow Monev Pertanahan Kolaborasi (Rotasi)
- Launching Inovasi Pemanfaatan Sistem Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Publik
- Sosialisasi Pemberdayaan Hukum di Kalurahan Grogol
- LPJ Realisasi Pelaksanaan APBKal Grogol Tahun Anggaran 2024
- Malam Tirakatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke-195














