Padi Terserang ‘Kresek’, Petani Laksanakan Penyemprotan Massal

W!narto 16 April 2024 09:11:28 WIB

Grogol (Sida Samekta). Hujan yang tidak menentu membuat sebagian tanaman padi para petani di Kalurahan Grogol terserang penyakit, salah satunya hama ‘kresek’ yang disebabkan jamur dan bekteri. Padi yang terserang ‘kresek’ daunnya berwarna coklat dan kering secara menyeluruh. Varietas padi Ciherang adalah yang paling rentan terserang kresek’.

Para petani penggarap tanah pelungguh di kawasan Grogol dan Karangmoj A di damping Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) dan Petugas Penyuluh Obat Pertanian (PPOT) dari BPP Kapanewon Paliyan melaksanakan Gerakan Penyemprotan Massal, Senin 18 Maret 2024 pukul 06.30 WIB. Para petani diberikan obat pengendali jamur dan bakteri kemudian secara serentak disemprotkan pada tanaman padi yang terserang ‘kresek’ maupun untuk antisipasi agar hama tidak menyerang padi yang masih sehat.

Petani sangat berharap tanaman padinya dapat pulih kembali dan dapat panen meskipun banyak kendala yang dihadapi terutama kekurangan air dikarenakan minimnya hujan serta serangan hama mulai dari ulat, kresek, wereng, kutu putih dan walang sangit (TIM_SID).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung